Kamis, 01 Desember 2016

TUTORIAL MEWARNAI RAMBUT

Hai Guysss. Welcome back to My blog. Sekarang aku bakal kasih tutorial tentang cara                                              【MEWARNAI RAMBUT SENDIRI 】. Kalo kita bisa mewarnai rambut kita sendiri kita bisa lebih hemat, dan kita bisa memlih produk yang sesuai dengan budget dan produk yang kita sukai. Yuks kita liat beberapa tutorial untuk mewarnai rambt sendiri di rumah :


1. Bleaching

Supaya warna lebih ‘masuk’, harus melalui tahap bleaching yaitu menghilangkan pigmen pada rambut. Caranya, campurkan bleaching powder dan air di dalam mangkuk, lalu oleskan hingga merata ke rambut. Jika ingin warna terang seperti merah, biru, atau ungu, sebaiknya proses bleaching dilakukan dua hingga tiga kali. Sekali proses bleaching memakan waktu sekitar setengah jam. Setelah proses bleaching selesai, bilas rambut dengan air dingin. Jangan lupa dikeringkan lagi. Oh ya, sebelum memulai pewarnaan, sebaiknya rambut keramas dulu. Tujuannya untuk membersihkan dan membuat kondisi rambut menjadi kondusif.Kamu harus paham kondisi rambut, jangan asal bleaching. Ketahanan rambut setiap orang berbeda. Jika salah prosedur, bisa menyebabkan rambut rapuh dan rusak.

2. Coloring

Saat melakukan pewarnaan rambut, sebaiknya aluminium foil digunakan untuk mempercepat penyerapan warna pada rambut. Proses ini memakan waktu sekitar setengah jam. Setelah selesai, bilas rambut dengan air dingin dan keringkan. Teknik ombre sepintas sama, tapi ternyata berbeda.


3. Perawatan setelah mewarnai rambut

  1. Sebaiknya kamu tidak mencuci rambut sekitar 3 hari sejak pewarnaan. Sembari menunggu warna diserap sempurna oleh batang rambut, kamu bisa pakai yang namanya dry shampoo biar rambut gak lepek.
  2. Setelah 3 hari, cuci rambutmu dengan shampoo khusus rambut berwarna yang bebas sulfat. Bilas rambut dengan air dingin. Hindari terlalu sering keramas karena warna rambut bisa lekas pudar dan berminyak. Gunakan serum atau vitamin rambut sebagai pengganti kondisioner agar rambutmu tetap lembut dan lembap.
  3. Jangan renang dulu ya. Sebab, kandungan klorin yang tinggi dalam kolam renang atau air laut akan merusak warna rambutmu. Jika kamu memang ingin beraktivitas dalam air, selalu gunakan hair capdan oleskan serum untuk menghindari kontak langsung antara rambut dan air.

Tapi, menurut Dr Cita Rosita Sigit Prakoeswa dr SpKK(K) FINSDV FAADV, pewarnaan rambut yang dilakukan cukup sering bisa memberikan efek samping seperti dermatitis kontak alergi (DKA).

Komponen Phenylenediamine dan fragrance mix dalam pewarna rambut dapat mengakibatkan reaksi alergi setelah kontak dengan kulit kepala terjadi. Gejala DKA tersebut biasanya juga bervariasi. Mulai rasa gatal pada kulit kepala, kemerahan dan bengkak pada kulit kepala, hingga munculnya ketombe. Yang paling seram adalah munculnya sisik pada wajah terutama sekitar mata dan hidung, hingga bengkak pada wajah terutama di sekitar mata. Ini beneran lho, karena Reviu sendiri juga pernah tau foto dan video korban yang mewarnai rambut tapi doi punya kulit sensitif. Bengkak memang. Jangan sampe lah ya…Bukan hanya DKA, rambutmu nanti bisa semakin rapuh. Bahan kimia dalam pewarna akan membuat rambut kehilangan kelembapannya dan merusak kutikula rambut. Dengan begitu, rambut akan kering, rapuh, dan kusam. Kemudian, ada juga proses bleaching untuk mewarnai rambut dengan warna yang lebih terang daripada warna rambut asli. Nah, di proses tersebut, potensi rambut rusak bakal lebih besar karena hancurnya pigmen rambut.
Itulah mengapa, sebelum kamu memutuskan untuk mewarnai rambut, kamu wajib mengetahui kondisi kulit dan rambutmu ya. Kalau mau tetap gaya dan sehat, pastikan dulu kulit kepala dalam kondisi sehat. Jangan lupa pakai shampoo khusus dan gunakan pelembap rambut khusus untuk rambut yang diwarnai. Buat yang berpotensi alergi, lebih baik konsultasi dulu deh sama dokter kulit.

Tips perawatan rambut yang diwarnai

Memang, lihat orang lain atau idola kita punya rambut yang hits dan lucu bikin kita pengen nyoba juga iya gak? Yaa perlu diingat juga sih kalau rambut bisa cepat rusak kalau kita sering gonta-ganti warna rambut. Terlebih kalau tanpa perawatan yang tepat. Terus, gimana hayo cara merawat rambut yang diwarnai?

HAIR SPA 

Perawatan biasa dilakukan dengan keramas pakai air dingin untuk menjaga minyak alami rambut. Selain itu nggak ketinggalan juga pakai conditioner supaya rambut tetap lembut dan tidak kelihatan kaku. Hair spa sebulan sekali buat menjaga rambut agar tidak patah, rusak, bahkan rontok.
Rambut juga jangan keseringan diikat kalau nggak mau rambut kamu makin rontok. Pakailah sisir bentuk brush biar gak kusut dan pakai vitamin sebelum rambut kering.

ALOE VERA

Alternatif hair spa sebulan sekali? Bisa dengan lidah buaya yang lebih alami dan bikin rambut sehat, tebal, dan nggak kering.
Nah itu tadi Tutorial dan Tips untuk mewarnai rambut. Semoga bermanfaat ya Guys :) ☺




0 komentar:

Posting Komentar

 

WELCOME Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang